Senin, 09 Desember 2013

Tutorial Boneka Anime dari Kain Flanel

Kali ini, saya akan berbagi tutorial cara membuat boneka ala anime.

Anime adalah sebutan untuk film animasi ala Jepang, yang pastinya sudah tidak asing bagi kita semua. Kebanyakan anime memiliki ciri khas tersendiri dalam gaya gambarnya. Penggemar anime di Indonesia sendiri sudah sangat banyak.

Bahan utama yang kita gunakan dalam pembuatan boneka ini adalah flanel. Mungkin beberapa crafter sudah kenal dengan boneka flanel yang sering ditemui di pasaran. Flanel memang salah satu bahan favorit bagi para crafter yang suka menjahit kain untuk membuat beberapa kreasi. Salah satu yang populer dari kreasi flanel adalah boneka flanel yang memiliki beragam bentuk. Misalnya seperti beberapa yang sudah pernah saya buat berikut ini:

Gantungan kunci onigiri dari flanel

Bunga matahari dari flanel

Donat dari flanel

Dan bentuk-bentuk lainnya....
 Untuk boneka flanel non anime, ini contoh yang pernah saya buat (tutorial terlampir) :

tutoial: http://nuno-runo.blogspot.com/2009/11/fashion-doll.html
 Dan ini contoh boneka anime yang akan saya share tutorialnya disini:

Ada yang kenal dengan karakter ini? :D

Apa yang membedakan boneka ala anime ini dengan boneka flanel pada umumnya? Jawabannya adalah: Rambutnya
 
Dapat dibandingkan dari gambar-gambar di atas, boneka ala anime memiliki bentuk rambut yang lebih rumit, karena dibuat bertumpuk-tumpuk.Namun, pembuatan boneka ini bisa dibilang cukup simpel karena boneka ini masih mempunyai bentuk chibi (mini) sehingga tidak membutuhkan detil yang terlalu banyak.

Dalam membuat boneka ini, saya menggunakan beberapa referensi dari berbagai macam tutorial, yang akan saya share nanti di bagian cara pembuatan boneka ini.

Mari langsung diintip saja turialnya :D

Untuk membuat boneka ini, kita membutuhkan beberapa alat dan bahan, yaitu:
1. Kain flanel aneka warna
2. Dacron
3. Gunting
4. Lem tembak
5. Lem uhu
6. Jarum jahit
7. Benang yang sesuai dengan warna flanel yang akan digunakan
8. Imajinasi, niat dan usaha.

Untuk membuat boneka anime, urutan cara membuatnya adalah:
1. Menentukan karakter yang akan kita buat

Tentu saja, sebelum mulai membuat boneka, kita harus menentukan karakter yang ingin kita buat. Misalnya, pada tutorial ini, saya membuat karakter Haruka Nanase dari anime Free!
Awalnya, saya mencari referensi gambar di google, untuk mengetahui warna rambut, kulit, mata, baju dan lain sebagainya sehingga saya bisa menyiapkan semua warna flanel yang saya butuhkan.
Haruka Nanase dari Free!



Nah, masalah yang saya temukan waktu membuat boneka ini adalah, saya tidak bisa menggambar dengan bagus! Jadi, saya memutuskan mencari referensi lagi untuk membuat bagian wajahnya. Berikut link gambar referensi yang saya gunakan: link


2. Menggunting pola

Seperti yang saya ungkapkan di atas, saya tidak bisa menggambar dengan baik. Jadi yang saya lakukan setelahnya adalah mencari pola untuk dasar badan boneka. Berikut adalah link pola boneka yang saya temukan di deviantart: pola boneka

3. Menggunting flanel

Setelah menggunting pola kertasnya, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah menggunting flanel, sesuai dengan bentuk pola yang sudah kita gunting sebelumnya. jangan lupa untuk mengguntingnya 2x untuk masing-masing bagian.





4. Membuat detil wajah


Setelah itu, kita harus menggunting bagian-bagian untuk wajah boneka. Guntinglah semua bagian yang dibutuhkan, lalu lem di atas flanel dengan lem uhu.
Disinilah referensi yang kita cari pada langkah pertama dibutuhkan. Apabila karakter yang anda buat adalah karakter dari anime tertentu, buatlah semirip mungkin dengan karakter tersebut. Saya sendiri mengalami kesulitan, sehingga saya memperbaiki bagian wajahnya setelah boneka selesai. *mohon maaf karena wajah boneka pada step by step ini tidak sesuai dengan hasil akhirnya, karena di hasil akhirnya sudah saya perbaiki*

5. Menjahit

Langkah selanjutnya adalah menjahit boneka tersebut. Pertama-tama, ratakan bagian kepala dan tubuh. letakkan bagian yang sudah ditempeli dengan wajah di bagian dalam.
 Kemudian, jahitlah kedua potong kain dengan tusuk jelujur. Jangan lupa untuk menyisakan bagian di bawah kepala dan di atas badan untuk diisi dacron nantinya.

6. Membalik flanel

Baliklah flanel yang sudah kita jahit sampai bagian depannya berada di luar. Gunakan alat bantu seperti pensil atau gunting untuk mebalik bagian-bagian yang kecil seperti tangan dan kaki.




7. Mengisi flanel dengan dengan dacron

Isi flanel yang sudah dibalik dengan dacron. Jangan mengisi terlalu penuh atau terlalu sedikit, karena akan mempengaruhi hasil akhir boneka nantinya. Gunakan alat bantu seperti pensil atau gunting untuk mengisi bagian-bagian yang kecil seperti kaki dan tangan.



8. Menyatukan kepala dan badan

Selanjutnya, satukan bagian kepala dengan badan. Tusuk yang saya gunakan adalah ladder stitch. Tutorialnya bisa anda temukan disini: ladder stitch



9. Menggunting dan menempelkan rambut

Ini adalah bagian yang paling menantang dari pembuatan boneka ini. Kita harus menggunting flanel menjadi helai-helai kecil, lalu menempelkannya satu demi satu dengan lem tembak. Langkah ini memerlukan imajinasi dan kesabaran ekstra dalam mengerjakannya. Berikut adalah tutorial yang saya gunakan untuk membuat rambut: tutorial rambut

Jangan lupa untuk mengecek gambar referensi agar bentuk rambut mirip dengan karakter yang kita inginkan.

Dimulai dari rambut bagian belakang:

 Dilanjutkan ke lapisan berikutnya:
 Dan ke lapisan berikutnya lagi:
 Setelah bagian belakang rambut selesai, lanjutkan dengan menempelkan bagian depan rambut:


 Dan inilah hasil jadinya setelah bagian depan dan belakang rambut selesai:

10. Membuat baju

Di langkah ini, boneka sudah hampir selesai. Langkah berikutnya adalah membuat baju untuk boneka. Baju untuk boneka bervariasi, tergantung karakter yang akan kita buat. Anda harus menggunakan imajinasi dan kreatifitas anda di langkah ini. Anda juga bisa mencari-cari referensi di internet untuk membuat baju boneka yang anda inginkan.
Karakter yang saya buat adalah karakter dari anime Free! yang berkostum pakaian renang. Oleh karena itu, untuk boneka ini saya membuat kostum berupa celana renang untuk karakter ini.
*bagian wajah di step ini adalah wajah yang sudah saya betulkan*
Bagian depan

Bagian belakang
Boneka anime anda sudah selesai!

Dari tutorial ini, kita bisa membuat banyak sekali variasi, tidak hanya terbatas pada karakter anime atau game saja, kita juga bisa membuat karakter buatan kita sendiri.

Berikut karakter lain yang saya buat dengan tutorial yang sama. Rin Matsuoka dari anime Free!
Rin Matsuoka dari Free!
Bagian depan
Bagian belakang
Updated (19/01/13)
Saya selesai membuat kelima karakter utana dari anime Free! dengan tutorial ini
For The Team~

Menarik bukan? Selamat berkreasi dengan boneka buatan anda sendiri!
Semoga tutorial ini berguna untuk anda dan silahkan meninggalkan komentar anda di blog ini apabila ada pertanyaan atau saran.
Jangan lupa untuk mencantumkan link-link referensi apabila anda ingin mengshare tutorial ini ke tempat lain.

Sampai jumpa di lain kesempatan! ^ ^

23 komentar:

  1. Wah, keren >w<
    eh, tapi kalau untuk bajunya diapain tuh? '-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks buat komennya! ^ ^
      Biasanya sih saya gambar sendiri polanya, disesuaiin sama pola bonekanya.. coba cari referensi di google dgn keywords "doll clothes pattern" deh biar ngerti kira2 bentuk polanya kaya gimana.. :)

      kalau saya ada waktu, mungkin saya mau coba upload tutorial bikin bajunya disini ^ ^

      Hapus
  2. iya keren banget boneka kain flanel nya..
    ni saya juga punya kain tenun jepara ni..
    kalo mau liat boleh juga lho..

    Salam hangat aja deh dari kami
    tenun jepara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya! ^ ^
      kapan2 saya coba berkunjung juga :)

      Hapus
  3. Link cara bikin yang bunga matahari doong

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk yang bunga matahari, saya remake dari tutorial ini ^ ^: http://ilikesunflower.wordpress.com/2009/10/11/gantungan-kunci-dan-hp-sunflower-dari-kain-flanel/

      Hapus
  4. thanks kakak atas tipsnya.. btw blognya bgus bgt, rapi dan ringan membuat para pengunjung kerasan saat berkunjung..nggak kayak blog Q yang berantakan,, saya suka blog yang seperti ini selalu memposting artikel yang bermanfaat untuk para pembaca.. slam sukses deh buat kakak :)

    BalasHapus
  5. wah makasih tipsnya -/\-
    ini membantu tugas prakarya saya :v

    BalasHapus
  6. Wahh kereennnn~ >0<

    BalasHapus
  7. susah bgt bikinya :( :(

    http://www.mesinajaib.com/

    BalasHapus
  8. Cakep bgt hasilnya yahhh bisa dijual pula :) :D

    BalasHapus

  9. Wahh keren dan sangat kreatif sekali
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus
  10. Bagus bgtttt....
    http://bahagiaberkatboneka.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  11. Bagus bisa dong dikunjungi juga
    Cara membuat BONEKA SHANKS ONE PIECE DARI KAIN FLANEL
    http://f1anel.blogspot.co.id/2017/02/cara-membuat-boneka-shanks-one-piece.html

    BalasHapus